Leader%20board%20970%20x%2090%20px%20(3)
JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB

Nusantara & Mancanegara

YouTube Kanibalisme di Suriah Gemparkan Dunia

Tanpa belas kasihan, dia mengambil hati si serdadu pro pemerintah dan mengangkatnya tinggi-tinggi, video berjudul "Syrian rebel commander eating heart of dead soldier"

Rabu, 15 Mei 2013 22:45 tika | hsn|
YouTube Kanibalisme di Suriah Gemparkan Dunia
Syrian rebel commander eating heart of dead soldier
Damaskus, POL

LEBIH dari dua tahun berlangsung, krisis Suriah masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Rezim Presiden Bashar al-Assad dan kubu oposisi belum lelah untuk saling serang. Belakangan, kekerasan yang terus meningkat itu mulai membuahkan sederet kekejian.

 Salah satu kekejian yang lahir dari krisis berkepanjangan di Suriah adalah aksi kanibalisme. Seorang tokoh oposisi dari Kota Homs, Provinsi Homs, memakan hati seorang serdadu pemerintah. 

Sebelumnya, pria yang diidentifikasi sebagai Abu Sakkar, pimpinan Brigade Omar al-Farouq al-Mustakila, tersebut mengiris bagian dada si serdadu untuk mengambil hatinya.

Ironisnya, Sakkar sengaja merekam aksi brutal tersebut.

’’Kami sudah bersumpah kepada Tuhan bahwa kami akan memakan jantung dan hati kalian, wahai para prajurit Bashar si anjing,’’ ucapnya dengan lantang seraya menghunjamkan pedangnya ke dada mayat serdadu itu.

Tanpa belas kasihan, dia mengambil hati si serdadu dan mengangkatnya tinggi-tinggi.

’’Kami adalah pahlawan-pahlawan Baba Amr,’’ seru Sakkar merujuk pada distrik yang dulu menjadi sarang oposisi dan kini sudah rata dengan tanah.

Dalam adegan berikutnya, dia tampak mendekatkan organ yang masih berlumuran darah itu ke mulutnya. Tidak jelas apakah salah satu pejuang antipemerintah tersebut benar-benar memakan hati itu. Sebab, video berakhir pada adegan tersebut.

Brigade Omar al-Farouq al-Mustakila lantas mengunggah video amatir berisi kekejian Sakkar itu ke YouTube.

Dalam hitungan menit, aksi kanibalisme tersebut beredar luas melalui internet. Rabu (15/5/2013) masyarakat internasional mengecam keras video brutal itu.

Termasuk, Human Rights Watch (HRW) dan Koalisi Nasional Suriah yang merupakan gabungan beberapa kelompok oposisi.

’’Koalisi (Nasional) Suriah mengecam keras aksi tersebut, jika nanti memang terbukti benar. Koalisi menekankan bahwa aksi semacam itu bertentangan dengan moral rakyat Syria dan prinsip serta nilai Tentara Pembebasan Syria (FSA),’’ papar Koalisi Nasional Syria dalam keterangan resminya kemarin. 

Mereka menyebut aksi brutal itu sebagai tindakan yang keji dan tidak berperikemanusiaan.

Tapi, Nadim Houry dari HRW menyatakan bahwa Koalisi Nasional Suriah perlu melakukan tindakan nyata, tidak sekadar mengecam. 

’’Oposisi Suriah tidak cukup hanya mengecam aksi tersebut atau menyalahkan pemerintah yang selama ini merepresi mereka. Sudah saatnya oposisi beraksi dan menghentikan aksi brutal seperti itu,’’ tegas direktur HRW Timur Tengah tersebut.

Dibaca 1137 kali

Tinggalkan komentar....
Nusantara & Mancanegara
Iklim Bisa Berakibat Suatu Negara Tetap Miskin

Iklim Bisa Berakibat Suatu Negara Tetap Miskin

Iklim kering merupakan faktor penghambat kemajuan suatu bangsa